Minggu, 14 September 2008

Keterkaitan ilmu fisiologi dengan ilmu lainnya

1. Mengapa fisiologi selalu dikaitkan dengan anatomi dan kimia, berikan contohnya!
jawab :
Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi organ tubuh makhluk hidup, fungsi normal dengan berbagai gejala yang ada pada sistem hidup, pengaturan atas segala fungsi dalam sistem tersebut yang disebut dengan fungsi kehidupan.
makhluk hjidup mempunyai ciri karakhteristik yang terdapat padanya untuk menjalakan suatu fungsi yang dikenal dengan fungsi metabolisme, yaitu makhluk hidup makan, mengeluarkan zat sisa, bergerak, peka terhadap rangsangan, reproduksi, dan lain - lain, dengan mempunyai organ khusus yang mempunyai ciri, struktur dan fungsi yang berbeda - beda. fungsi dan struktur tubuh memiliki keterkaitan dan hubungan yang sangat erat, dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang organ - organ, mengklaji struktur, bentuk dan susunan makhluk hidup dari mulai sel, jaringan, organ dan sistem organ.
dengan mempelajari anatomi kita dapat mengetahui struktur, sifat struktur, susunan dari makhluk hidup. oleh karena itu kita mudah mengetahui fungsinya, karena objek kajian fisiologi adalah struktur tubuh makhluk hidup yang ada dalam kajian ilmu anatomi. oleh karena itu fisiologi berkaitan dengan anatomi.
Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur - unsur dan reaksi - reaksi kimia yang terdapat pada makhluk hidup.
makhluk hidup dalam melaksanakan aktivitas kehidupan yang kita kenal metabolisme, memerlukan senyawa atau molekul - molekul yang dibutuhkan sebagai alat atau media dalam menjalankan fungsinya dengan ilmu kimia kita dapat mengetahui unsur, senyawa yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dalam menjalankan fungsi metabolisme. oleh karena itu ilmu Fisiologi berkaitan dengan ilmu kimia.
contoh : makhluk hidup mempunyai sistem pencernaan yang berfungsi dalam mengolah makanan yang dibutuhkan untuk mendapatkan energi. yang kita pelajari organ pencernaan yang dipelajari dalam ilmu anatomi, dan senyawa kimia yang terdapat pada sistem pencernaan yang dipelajari dalam ilmu kimia.
2. Mengapa fisiologi berkaitan dengan ilmu genetika dan ekologi.
genetika adalah ilmu yang mempelajari dalam pewaris keturunan , dimana kita mencari sifat - sifat yang dapat dibentuk dan muncul pada makhluk hidup. dalam genetika kita mencari sifat unggul dari makhluk hidup dan cara memperolehnya, dari organ yang duhasilkan.
genetika dapat membuat kita mudah dalam mempelajari fisiologi karena kajian genetika fungsi sel dan peranannya dalam mempengaruhi pewaris keturunan.
ekologi adalah mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan
dalam menjalani suatu kehidupan makhluk hidup menggunakan fungsi - fungsi tertentu dalam mempertahankan kehidupan. karena setiap makhluk hidup mempunyai organ khusus yang menyesuaikan dengan habitatnya.
ekologi berkaitan dengan fisiologi karena dengan ekologi kita dapat mengetahui faktor keadaan yang ada pada dirinya misalnya organ khusus dalam menyesuaikan dalam lingkungannya.
contoh :
didalam sel terdapat organel yang berfungsi pembelahan dan pembentukan sifat - sifat yang muncul yang menghasilkan fungsi - fungsi tertentu dalam menyesuaikan dalam lingkungannya.

Tidak ada komentar: