Senin, 21 April 2008

STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI BAGI SISWA SMA TAHUN PELAJARAN 2005-2006 DI SMAN 1TARUMAJAYA SUATU HASIL PENGAMATAN EMPIRIK

Pelajaran biologi di SMA tersebut cukup baik, karena sekolah baru berdiri tahun 2002 yang menjadikan banyak kekurangan diantaranya dari fasilitas yaitu Lab biologi. tetapi sekarang ini sekolah tersebut sudah melengkapinya dengan sudah adanya fasilitas pendukung, seperti lab Biologi.
pada waktu saya masih sekolah, saya bertemu dengan seorang guru yang lulusan dari jurusan biologi murni dan berakta IV, metode yang dia ajarkan yaitu metode diskusi dengan membagi tugas kelompok, dan kadang - kadang ceramah. dikelas 1 kami sudah diperintahkan membuat kesimpulan dari suatu masalah, dan kadang - kadang mengajak anak - anak untuk meneliti burung dipulau sembilangan Kabupaten Bekasi. karena dengan metode ini anak lebih mengenal dan memahami pelajaran dengan belajar mandiri dan belajar dialam. kekurangannya dia kurang dapat mengenali anak muridnya, hanya mengenali orang yang cukup aktif dikelas.
Setiap pertemuan anak akan mempersentasikan hasil tugasnya, setiap bab kelompok akan diberikan judul yang berbeda - beda, biasanya ia mengacu dengan bab yang sedang diajarkan.
metode diskusi memang sangat menyenangkan, tetapi kalau setiap masuk anak mempersentasi lama - lama anak menjadi bosan. pada saat diskusi anak banyak yang ngobrol tidak memperhatikan pembicaranya pada saat menerangkan.seharusnya setiap pertemuan ada inovasi dalam mengajar sehingga murid tidak menjadi bosan.

Tidak ada komentar: